Minggu, 12 Maret 2017

Membuat Animasi Baymax Dengan Blender

Kali ini saya akan sedikit cerita tentang Laboratorium teknik informatika khususnya pada semester 5 atau yang sedang mengambil mata kuliah Grafika komputer 1 dimana matakuliah tersebut mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti praktek yang di selenggarakan oleh laboratorim teknik informatika gunadarma , dalam laboratorium tersebut kita belajar tentang membuat animasi menggunakan belender , praktek tersebut cuman 5 kali pertemuan loh , 4 kali pertemuan belajar animasi dari tahap awal hingga pertemuan 5 yaitu ujian dan diakhir pertemuan kita disuruh membuat project animasi dengan teman bebas minimal sih durasinya minimal 10 detik , nah waktu itu saya membuat animasi baymax tokoh kartu lucu .
Pembuatan baymax yang saya buat :

Membuat Animasi Baymax

Buka aplikasi blender :




Pilih Mesh kemudian UV sphere dengan menekan Shift+A , langkah awalnya membuat kepala baymax.


 Langkah awal adalah membuat kepalanya atur Uv spahare sehingga terlihat pipih dengan cara menggunakan tombol S+Z, S+X, dan S+Y untuk mengecilkan uv tersebut akan terlihat seperti gambar diatas


 Langkah selanjutnya adalah membuat badan dengan menggunakan UV spare lagih , atur sehingga uv menjadi kembung dengan mengunakan tombol S+Z, S+X, dan S+Y setelah sudah dekatkan Uv kepala sama badan hingga dempet setelah dempet Join bagian badan dan kepala untuk menjadikannya satu

                                                                                                                               
Langkah Selanjutnya adalah membuat lengan dari baymax dengan menggunakan uv sphere, bentuk uc seperti lonjong dengan menggunakan tombol S+Z, S+X, dan S+Y seperti gambar (1.a) ,selanjutnya satukan Pada bagian body lihat gambar (1.b) , lalu copy tangan tersebut CTRL+C kemudian Ctrl+V hingga dapat duplikasi , kemudian Rotate dengan menekan R sehingga menjadi lengan kanan lihat gambar (1.c), kemudian seleksi bagian tangan kemudian klik join untuk menyatukannya

                                                                   
 Selanjutnya membuat kaki dari baymax caranya sama dengan membuat lengan seperti diatas bentuk uc seperti lonjong dengan menggunakan tombol S+Z, S+X, dan S+Y seperti gambar (1.d) ,selanjutnya satukan Pada bagian body, lalu copy tangan tersebut CTRL+C kemudian Ctrl+V hingga dapat duplikasi kemudian pasang pada bagian kaki lainya lihat gambar (1.e) .

     
Selanjutnya untuk membuat Matanya masih menggunkan Mesh kecilkan mesh dengan menekan tombol S+Z, S+X, dan S+Y setelah jadi seperti gambar 1.f copy dan pasti untuk mata sebelahnya atur posisi sehingga pada gambar (1.g), untuk membuat hidungnya menggunakan Plane atur posisi sehingga membentuk pada gambar (1.h) setealah sudah kemudian Joinkan pada bagian kepala Baymax


Jika sudah selanjutnya membuat jari2 dari baymax tersebut dengan uv spahre , bentuk hingga lonjong kemudian copy paste sajah untuk menyamakan bentuk caranya sama seperti diatas , atur posisi untuk jari2 sehingga tampak pada gambar , kemdian Join bagian jari tersebut.


Gambar baymax setelah di Smooth.


    
Kemduian mewarnai karakter dengan menambah add material pilih difuce



 Selanjutnya menambahkan tulang untuk pergerakan Baymax tersebut .





 Dengan menekean E , sehingga bone tersebut membentuk tulang seperti gambar diatas ,selanjutnya seleksi atau pilih tulang dan Body baymax kemudian CTRL+P kemudian pilih with automatic Weight untuk mengerakannya menggunakan Pose Mode . 



 Gambar Setelah jadi Animiasi



 Gambar setelah di Render

Kalian bisa donwload vidio animasinya disini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar